13 Apr 2018

Macam-Macam Komputer

Bagi mayoritas orang saat mendengar istilah komputer, maka mereka berpikir tentang komputer pribadi seperti desktop atau laptop. Padahal komputer berwujud dalam banyak bentuk dan ukuran, serta melakukan banyak tugas yang berbeda-beda di kehidupan kita sehari-hari. Saat Anda mengambil uang tunai dari mesin ATM, memindai barcode barang belanjaan di toko, atau menggunakan kalkulator, maka Anda juga menggunakan komputer untuk aktivitas-aktivitas tersebut.
Komputer Desktop

Sejarah mencatat pada Perang Dunia II, komputer analog mekanik yang digunakan untuk aplikasi militer khusus. Selama waktu ini pertama komputer digital elektronik yang dikembangkan. Awalnya mereka adalah perangkat dengan ukuran yang memerlukan ruangan besar, mengkonsumsi daya setara dengan beberapa ratus komputer pribadi modern yang banyak digunakan saat ini (PC).

Banyak orang menggunakan komputer desktop di kantor, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang untuk ditempatkan di atas meja. Biasanya komputer desktop terdiri dari beberapa komponen, antara lain kotak komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer Laptop


Tipe komputer yang kedua mungkin sudah familiar bagi Anda yaitu komputer laptop yang umumnya disebut dengan laptop. Laptop adalah komputer dengan sumber daya listrik berupa baterai dimana laptop lebih portabel dari desktop yang memudahkan Anda untuk menggunakannya di mana saja.

Komputer Tablet


komputer tablet (atau lebih dikenal dengan tablet) adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel dari laptop. Tablet menggunakan layar sentuh sebagai pengganti keyboard dan mouse untuk mengetik dan navigasi. iPad adalah contoh dari komputer tablet.

Komputer Server


Server adalah sebuah komputer yang mengolah permintaan-permintaan informasi dari komputer lainnya yang terhubungan dengannya pada suatu jaringan komputer. Sebagai contoh, kapanpun Anda menggunakan Internet maka Anda sedang melihat informasi yang tersimpan di server. Banyak organisasi juga menggunakan komputer server lokal untuk menyimpan dan berbagi berkas secara internal.

Terdapat tiga Macam macam server antara lain yaitu:

Server Web
Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .

Server Applikasi
Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )

Server Database
Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.


0 komentar:

Posting Komentar