11 Apr 2018

Jenis-jenis perangkat lunak,pengertian dan contohnya

1.      Perangkat lunak sistem(system software) adalh suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat kerass sehingga perangakat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya.
Contoh: windows,linux, android, ios , debain, dll
2.      Perangkat lunak waktu nyata(real time software) adalh kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan  perangkat lunak ynag dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tingkat waktu (deadline) yang jelas, relatif, terhadap suatu peristiwa atau operasi terjadi.
         Contoh: Aplikasi sistem pengendali pesawat.
3.      Perangkat lunak bisnis yang memberikan fasilitas operasi  untuk bisnis atau fasilitas pengembalian keputusan manajemen.
Contoh: sistem akutansi, inventory, payrall,dll
4.      Perangkat lunak dan ilmu pengetahuan (engginering and selentific software) adalah perangkat lunak yang digunakan  didalam bidang aplikasi dan kerekayasaan.
Contoh: autocal,autocad
5.      Embeded software adalah perangkat lunak  yang di tanam pada suatu chips perangkat lunak ini terintegrasi dengan perangkat keras yang mengatur kinerja perangkat keras tersebut.
Contoh:  microphone,telepon genggam, pesawat udara
6.      Perangkat komputer pribadi banyak digunakan pada aplikasi yang besifat perorangan.
Contoh: pengolah kata , game, dbms
7.   Perangkat lunak intelegensial buatan / dibaut dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang komplek digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan.
Contoh: game, expert sistem
8.   Perangakat luank aplikasi adalah perangkat lunak yang kegunaan nya lebih banyak di tujukan untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai.
Contoh: ms.word,exel,photoshop, power point

0 komentar:

Posting Komentar